Cerita Dongeng Motivasi : Anak Rajin dan pohon pengetahuan

Lanjut bahas tentang dongeng yuk. Kalau kemaren ada dongeng tentang legenda asal usul bunga mawar, kali ini admin punya dongeng untuk memotivasi diri. Yups, dongeng anak rajin dan pohon pengetahuan. Yah siapa tau, kalau udah baca dongeng berikut bisa jadi pelajaran buat kita semua. Dan dari pada kebanyakan ngocek kita langsung lanjut ke ceritanya aja yuks.

Alkisah, hiduplah seorang anak yang rajin bernama mogu. Berusia 7 tahun dan sering di ladang. Ia juga suka mencari kayu bakar. Walau hidup sebatang kara, mogu rajin membaca. Ia suka akan ilmu pengetahuan. Sampai suatu hari Mogu tersesat di hutan. Karena merasa lelah, ia memutuskan untuk istirahat dibawah pohon.

Dalam tidurnya, Mogu mendengar suara hingga ia terbangung. Mengira itu mimpi, suara tersebut terdengar lagi. Saat mencari sumber suara, Mogu terkejut ketika menyadari kalau itu berasal dari pohon tempatnya bersandar membuat mogu menjadi semakin ketakutan.

Anak Rajin dan pohon pengetahuan

"Jangan takut Mogu. Aku adalah pohon pengetahuan. Banyak orang mencariku tapi tidak berhasil menemukan karena hanya orang yang berjiwa bersih serta haus akan ilmu yang bisa menemukanku. Karena kau memenuhi sarat tersebut, aku akan mengajarkanmu ilmu pengetahuan. Apa kau bersedia?" tanya sang pohon yang tentu saja di sambut riang gembira oleh mogu.

Sejak saat itu, Mogu pun belajar pada pohon pengetahuan. Hari belalu hingga sang mogu dewasa. Pengetahuanya semakin luas. Untuk itu, pohon pengetahuan memerintahkannya untuk mengembara. Dan sekiranya mogu menemui kesulitan, ia boleh datang kembali. Menuruti saran dari sang pohon, Mogu pun berkelana kedesa desa. Dengan ilmu yang di milikinya mogu membantu orang - orang. Bahkan sang Raja juga sempat di buat kagum olehnya.

Namun ternyata, pejabat Monda merasa iri padanya. Ia tidak menyukai perhatian rasa pada mogu. Untuk itu ia memberi siasat suapa Mogu terlihat di hadapan Raja. Karena itu di panggilah Mogu untuk menjawab pertanyaan di depan raja.

Pejabat Monda bertanya "Tuan Mogu, berapa tinggi ukuran tubuhku?"

Sambil tersenyum mogu menjawab. "Kalau hamba tidak salah. Tinggi badan anda sama dengan panjang ujung jari kiri sampai ujung jari kanan tangan anda bila di rentangkan."

Raja dan pejabat Monda tidak percaya, mereka pun menyuruh seseorang untuk mengukurnya. Ternyata jawaban Mogu benar sehingga membuat raja semakin kagum padanya.

Pejabat moda menjadi makin kesal. Tapi ia tidak menyerah. "Tuan mogu, buatlah api tanpa menggunakan pematik apa."

Dengan tenang Mogu mengeluarkan kaca cembung, lalu mengumpulkan setumpuk daun kering. Ia membuat api, menggunakan kaca yang dipantul-pantulkan ke sinar matahari. Tak lama kemudian daun kering itupun terbakar api. Raja semakin kagum. Sementara Tuan Monda semakin kesal.

“Luar biasa! Baiklah! Aku punya satu pertanyaan untukmu. Aku pernah mendengar tentang pohon pengetahuan. Jika pengetahuanmu luas, kau pasti tahu dimana letak pohon itu. Bawalah aku ke sana,” ujar Raja.

Awalnya Mogu ragu. Tapi kemudian ia menjawab "Hamba tau Baginda. Tapi tidak sembarangan orang boleh menemuinya. Dan sebeneranya pohon itu adalah guru hamba. Hamba bisa membawa Raja menemuinya tapi kita harus pergi dengan berpakaian rakya biasa. Dan jika telah bertemu dengannya Baginda raja harus berjanji untuk tidak memberi tahukan siapaun."

Raja pun setuju. Keduanya pun pergi tanpa pengawal sampai kemudian mereka tiba di bawah pohon pengetahuan.


“Aku ingin menjadi muridmu juga. Aku ingin menjadi raja yang paling bijaksana,” kata raja kepada pohon pengetahuan.

“Anda sudah cukup bijaksana. Dengarkanlah suara hati rakyat. Pahamilah perasaan mereka. Lakukan yang terbaik untuk rakyat anda. Janganlah mudah berprasangka. Selebihnya muridku akan membantumu. Waktuku sudah hampir habis. Sayang sekali pertemuan kita begitu singkat,” ujar pohon pengetahuan seolah tahu ajalnya sudah dekat.

Tiba-tiba Monda menyeruak bersama sejumlah pasukan. “Kau harus ajarkan aku!” teriaknya pada pohon pengetahuan.

“Tidak bisa. Kau tak punya hati yang bersih.”

Jawaban pohon itu membuat Monda marah. Ia memerintahkan pasukannya untuk membakar pohon pengetahuan. Raja dan Mogu berusaha menghalangi namun mereka kewalahan. Walau berhasil menghancurkan pohon pengetahuan, Monda dan pengikutnya tak luput dari hukuman. Mereka tiba-tiba tewas tersambar petir. Sebelum meninggal, pohon pengetahuan memberikan Mogu sebuah buku. Dengan buku itu Mogu semakin bijaksana. Bertahun-tahun kemudian, Raja mengangkat Mogu menjadi raja baru.

Dongeng Anak sebelum tidur 'legenda bunga kemuning'

Halo adik adik dan sahabat cipta karya cerpen semua. Gimana kabarnya hari ini. Baik baik aja donk. Nah, di postingan sebelumnya kan udah ada tuh dongeng asal usul bunga mawar, kali ini admin muncul lagi dengan Dongeng anak pengantar tidur yang lainnya lagi. Masih tentang bunga, yaitu Legenda bunga kemuning. Legenda yang menceritakan tentang asal usul bunga yang satu ini. Udah pada penasan and pengen tau kan apa di balik kisah dari nama bunga kemuning? Ya sudah kita simak langsung aja yuks...

legenda bunga kemuning


Alkisah hiduplah seorang Raja yang memiliki 7 orang putri namun tanpa permaisuri. Karena sang permaisuri sudah meninggal saat melahirkan putri yang bungsu. Masing masing putri di beri nama dengan warna. Yaitu Puteri merah, Puteri jingga, Puteri Hijau, Puteri biru, Puteri Oranye, Puteri Merah Merona dan Puteri Kuning. Masing masing di beri baju sesuai dengan warna namanya masing masing agar sang raja segera mengenalinya walau dari kejauhan. Diantar semua putri, putri kuninglah yang memiliki hati paling mulia.

Pada suatu hari, sang Raja akan melakukan perjalanan yang jauh. Ia pun mengumpulkan ketujuh putrinya. Masing masing di tanyai tentang oleh oleh apa yang di inginkan. Dari ketujuh putri masing masing meminta emas, perhiasan, kain sutra dan semua barang yang mahal kecuali putri kemuning. Saat ditanya ia tidak langsung menjawab. Gadis itu tanpak berfikir untuk sejenak sebelum kemudian ia menjawab.

"Aku hanya ingin Ayah pergi dengan kembali dengan selamat."

Mendengar itu sang raja tersenyum. "Tentu anakku, aku akan kembali dengan selamat. Dan aku pasti juga akan membelikan hadiah yang indah untukmu".

Seiring waktu berlalu, selama sang raja pergi keluakuan ke enam putrinya begitu buruk. Bahkan tak jarang ia memperlakukan putri kemuning dengan semena - mena sampai kemudian sang raja pulang. Melihat kelakuan ke enam putrinya raja merasa sedih. Terlebih ketika melihat nasip sang putri kuning yang hanya di tinggal sendirian sementara kakaknya malah asik bermain main di danau.

"Putri kuning. Ini hadiah untukmu," kata Raja sambil memberikan kalung permata Hijau. "Maafkan ayah. Ayah sudah mencari kalung permata kuning tapi tidak ada."

"Tidak apa ayah. Kalau hijau ini juga terlihat bagus. Terima kasih karena ayah sudah kembali dengan selamat. Akan ku buatkan teh untukmu," kata sang putri kuning.

Ketika Puteri Kuning sedang membuat teh, kakak-kakaknya berdatangan. Mereka ribut mencari hadiah dan saling memamerkannya. Tak ada yang ingat pada Puteri Kuning, apalagi menanyakan hadiahnya.

Keesokan harinya, Puteri Hijau melihat Puteri Kuning memakai kalung barunya. Ketika menyadari kalaung itu berwarna hijau, ia pun merasa kesal. Gadis itupun segera menghasut para saudaranya untuk mencelakai si kuning yang di tuduh sebagai pencuri kalung miliknya. Termakan hasutan putri hijau, akhirnya keenam kakaknya tanpa belas kasihan mengubur putri kuning di taman istana.

Suatu raja mencari putri kuning, namun tidak ada yang tau kemana putri pergi. Semua kakaknya juga tutup mulut saat di tanya. Sang raja menjadi sangat marah. Ia pun meminta para pengawal untuk mencari di mana putri kuning berada.

Tapi tentu saja tidak ada yang berhasil menemukannya. Hingga berhari - hari dan berbulan bulan. Raja menjadi sangat sedih. "Aku ini ayah yang buruk."

Akhirnya sang raja pun mengirim anak anaknya ke tempat yang jauh untuk belajar tentang budi pekerti. Sementara itu raja sering temenung - menung di taman istana. Sedih memikirkan putri kuning yang baik hati tapi telah menghilang tanpa bekas.

Sampai kemudian pada suatu hari tumbuhlan suatu tanaman di atas tempat putri kuning di kubur. Sang raja melihatnya pun merasa heran. "Tumbuhan apakah ini? Batangnya bagaikan jubah sang putri, daunya berkilat laksana batu hijau, bunganya putih kekuningan dan sangat wangi," gumam sang raja yang langsung teringat pada sang pturi. "Baiklah, karena itu kuberi nama ia kemuning."

Sejak itulah bunga kemuning mendapatkan namanya. Tumbuhan yang sangat bermanfaat. Sama seperti sang putri yang selalu menyebarkan kebaikannya.

Sekian.

Legenda Asal Usul Bunga Mawar

Kalau sebelumnya sudah ada dongeng Asal usul bunga Teratai, maka kemunculan kali ini admin tetap masih sama seperti sebumnya. Maksutnya bawa dongeng pengatar tidur juga. Hanya saja kali ini legenda asal usul bunga mawar. Bunga yang indah namun berduri itu. Nah, adik - adik atau kakak - kakak semua pasti udah penasaran kan apa kisah di balik legenda tersebut. Biar jelasnya kita langsung simak ke bawah aja deh. Selamat membaca semuanya, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Legenda Asal Usul Bunga Mawar


Alkisah, pada suatu masa hiduplah seorang putri bernama Mawar yang tinggal di sebuah istana yang megah dan begitu indah. Kecantikan sang putri sungguh sangat sempurna. Namun sayangnya kesempurnaan paras yang ia punya berbanding balik dengan hatinya. Sang putri terkenal dengan kesombongannya. Ia bahkan selalu menolak semua tawaran untuk menikah dari para Pangeran yang datang untuk melamarnya.

Selain sombong, Putri Mawar juga sangat tidak menyukai dengan sesuatu yang jelek. Ia ingin semua yang indah harus seindah dirinya. Bahkan sang putri tidak segan - segan memerintah pengawalnya untuk langsung membunuh sekiranya ia menemukan orang yang memiliki paras buruk rupa.

Sampai kemudian, suatu ketika sang putri Mawar yang sedang bersantai dan taman istana bertemu dengan seorang kakek - kakek tua yang bahkan sudah bungkuk jalannya. Melihat itu, sang putri langsung bergidik ngeri. Ia tidak bisa membayangkan bagaimana bisa putri sesempurna dirinya bisa tinggal dengan seseorang yang begitu jelek di sekitarnya. Tanpa ampun sang putri segera memanggil pengawalnya, dan tanpa belas kasian sama sekali ia segera memerintahkan sang pengawal untuk menghabisi kakek tua tersebut.

Malam harinya, saat sedang tertidur. Sang putri pun bermimpi. Dalam mimpinya ia di datangi oleh sang kakek yang terlah mati tersebut. Sang kakek pun bertanya apa salah dan dosanya sehingga ia harus di bunuh?

Dengan sombongnya sang putri menjawab. "Apa kau masih berani bertanya? Kejelekan wajahmu adalah suatu kesalahan."

Sang kakek pun berkata. "Tapi kejelekan hatimu adalah suatu kesalahan yang lebih besar. Kau memiliki paras yang indah tapi hatimu begitu busuk. Manusia seperti dirimu pantas untuk mendapat hukuman. Untuk itu, kau akan di kutuk menjadi setangkai bunga. Seperti wajahmu, bunga tersebut akan terlihat cantik tapi tidak akan ada yang mau menyentuhnya karena tangkaimu akan di penuhi dengan duri. Dan kamu akan hidup dalam kesepian selamanya." Selesai berkata, kakek tersebut pun menghilang.

Keesokan harinya, seperti biasa para pelayan putri mawar datang untuk melayani sang putri. Saat pelayang tersebut mengetuk - ngetuk pintu kamar sama sekali tidak ada suara yang terdengar. Walau merasa takut, akhirnya sang pelayan memberanikan diri untuk masuk. Namun sosok sang putri tidak ada disana, sebaliknya yang ada hanyalah setangai bunga yang belum pernah ia lihat tapi memiliki keindahan luar bisasa. Bunga tersebut pun akhirnya di beri nama 'Bunga Mawar', nama yang sama yang di berikan pada putri mereka yang cantik.

Dongeng Pengantar Tidur "Asal Usul Bunga Teratai"

Halo man teman, admin muncul lagi nih. Sekali admin ingat - ingat lagi, perasaan admin muncul selalu dengan cerita soal kisah anak remaja yang udah di kususkan di blog star night, kali ini admin pengen ganti selera (???). Gantian ke anak anak. Secara inget jaman masa - masa kecil dulu, kalau sebelum tidur sering di ceritain dongeng oleh kakak. Tapi sekarang udah jarang. Apalagi sejak TV muncul menguasai malam (???). So untuk itu, positingan kali ini soal Dongeng pengantar tidur "Asal Usul Bunga Teratai". Lumayan bisa di jadiakan rujukan untuk mendongeng adek adeknya di rumah. Semoga bermanfaat....

Asal Usul Bunga Teratai


Alkisah, pada zaman dahulu kala ada seorang gadis bernama teratai. Ia memiliki paras yang sangat canti cantik, walaupun begitu ternyata ia adalah seorang yang sangat pemalas. Sampai kemudian sang ibu memintanya untuk membantu menampi beras.

Ibu "Terati, tolong lah bantu ibumu menampi beras ini."

Tapi sang teratai menolaknya sembari menjawab. "Tidak mau nanti tangan ku kotor."

Karena begitu menyangi anaknya sang ibu hanya mampu menggeleng - geleng kepala tanpa memaksanya.

Suatu hari, didesa tempat tinggal Teratai, terkena wabah penyakit yang sangat aneh. Saat kepala kampung memanggil sang tabib, tabip nya pun meramalkan bahwa penyakit tersebut hanya bisa di obati dengan bunga yang ada di danau yang ada di hutan. Namun untuk mendapatkannya, bunga itu harus di ambil oleh gadis yang cantik.

Pak kepala kampung pun ingat dengan gadis yang bernama teratai, dan memintanya untuk segera mengambil bunga itu. Tapi sayangnya, karena pemalas Teratai menolak untuk melakukannya hingga pak kepala kampung marah dan mengutuknya menjadi bunga. Sampai kemudian di beri namalah bunga itu bunga teratai.

Kumpulan status lucu twitter

Jaman sekarang ini, kalau yang kesehariannya udah maen di dunia maya bisa di pastikan deh pasti udah pada kenal sama yang namnya akun twitter. Terlebih untuk yang demen update atawa yang demen ngestalk artis. Tapi kalau akunya nggak ada followernya nggak asik juga donk, untuk itu kita harus narik perhatian follower dulu. Salah satunya dengan membuat status lucu twitter dan unik.

Tapi bingung donk bikin status yang unik atau lucu itu gimana. Zhantai aja kayak di pantai bro, berikut ini admin punya beberapa koleksinya yang bisa di jadikan rujukan. Penasaran, scrool ke bawah langsung aja deh.

Kumpulan status lucu twitter


  • Makan siang romantis itu bukan sama pacar, tapi sama temen. Asal dia yang bayar
    • Salah satu cara ngelupain mantan adalah dengan tidur siang. Tidur siang di tengah jalan maksutnya
  • Jomblo yang baik adalah jomblo yang nggak ngerebut pacar orang
    • Bangun siang sama susahnya kayak bangun rumah, apalagi bangun rumah tangga
  • Jangan pernah selingkuhin pacar, kecuali kalau dia emang nggak tau
    • Perselingkuhan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Beryukurlah bersukurlah
  • INGAT! Gunakan selingukah dengan baik dan benar sesuai dengan Ejaan yang di Sempurnakan #esbusyed
    • Avatar cantik : banyak yang suka. | Avatar jelek : Banyak yang edit #bedakasus
  • Sekarang mah nyari yang setia susah, kalau yang lebih mahal banyak
    • Pacaran mah jangan terlalu sayang, nanti kalau putus move on nya susah
  • Mantan yang baik kalau ketemu pasti tegur sapa, bukan tegur sampah
    • Mau mandi tapi lupa kalau nggak punya pacar, percuma aja buang buang air

Tuh banyak kan status status lucu untuk twitternya. Nak kalau bikin status begituan kan nggak terkesan garing. Sukur sukur bisa nambah follower. Bener apa enggak? Benerin aja lah....