Legenda Asal Usul Bunga Mawar

Kalau sebelumnya sudah ada dongeng Asal usul bunga Teratai, maka kemunculan kali ini admin tetap masih sama seperti sebumnya. Maksutnya bawa dongeng pengatar tidur juga. Hanya saja kali ini legenda asal usul bunga mawar. Bunga yang indah namun berduri itu. Nah, adik - adik atau kakak - kakak semua pasti udah penasaran kan apa kisah di balik legenda tersebut. Biar jelasnya kita langsung simak ke bawah aja deh. Selamat membaca semuanya, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Legenda Asal Usul Bunga Mawar


Alkisah, pada suatu masa hiduplah seorang putri bernama Mawar yang tinggal di sebuah istana yang megah dan begitu indah. Kecantikan sang putri sungguh sangat sempurna. Namun sayangnya kesempurnaan paras yang ia punya berbanding balik dengan hatinya. Sang putri terkenal dengan kesombongannya. Ia bahkan selalu menolak semua tawaran untuk menikah dari para Pangeran yang datang untuk melamarnya.

Selain sombong, Putri Mawar juga sangat tidak menyukai dengan sesuatu yang jelek. Ia ingin semua yang indah harus seindah dirinya. Bahkan sang putri tidak segan - segan memerintah pengawalnya untuk langsung membunuh sekiranya ia menemukan orang yang memiliki paras buruk rupa.

Sampai kemudian, suatu ketika sang putri Mawar yang sedang bersantai dan taman istana bertemu dengan seorang kakek - kakek tua yang bahkan sudah bungkuk jalannya. Melihat itu, sang putri langsung bergidik ngeri. Ia tidak bisa membayangkan bagaimana bisa putri sesempurna dirinya bisa tinggal dengan seseorang yang begitu jelek di sekitarnya. Tanpa ampun sang putri segera memanggil pengawalnya, dan tanpa belas kasian sama sekali ia segera memerintahkan sang pengawal untuk menghabisi kakek tua tersebut.

Malam harinya, saat sedang tertidur. Sang putri pun bermimpi. Dalam mimpinya ia di datangi oleh sang kakek yang terlah mati tersebut. Sang kakek pun bertanya apa salah dan dosanya sehingga ia harus di bunuh?

Dengan sombongnya sang putri menjawab. "Apa kau masih berani bertanya? Kejelekan wajahmu adalah suatu kesalahan."

Sang kakek pun berkata. "Tapi kejelekan hatimu adalah suatu kesalahan yang lebih besar. Kau memiliki paras yang indah tapi hatimu begitu busuk. Manusia seperti dirimu pantas untuk mendapat hukuman. Untuk itu, kau akan di kutuk menjadi setangkai bunga. Seperti wajahmu, bunga tersebut akan terlihat cantik tapi tidak akan ada yang mau menyentuhnya karena tangkaimu akan di penuhi dengan duri. Dan kamu akan hidup dalam kesepian selamanya." Selesai berkata, kakek tersebut pun menghilang.

Keesokan harinya, seperti biasa para pelayan putri mawar datang untuk melayani sang putri. Saat pelayang tersebut mengetuk - ngetuk pintu kamar sama sekali tidak ada suara yang terdengar. Walau merasa takut, akhirnya sang pelayan memberanikan diri untuk masuk. Namun sosok sang putri tidak ada disana, sebaliknya yang ada hanyalah setangai bunga yang belum pernah ia lihat tapi memiliki keindahan luar bisasa. Bunga tersebut pun akhirnya di beri nama 'Bunga Mawar', nama yang sama yang di berikan pada putri mereka yang cantik.


EmoticonEmoticon